Selasa, 31 Januari 2017

Jenis Makanan Tinggi Serat

Leave a Comment
 
Jenis Makanan Tinggi Serat - Makanan yang tinggi serat sangatlah penting bagi kesehatan badan. Makanan yang tinggi serat ini sangat bermanfaat untuk pencernaan, jantung dan juga untuk menerunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jenis Makanan Tinggi Serat
Makanan Tinggi Serat

Jenis Makanan Tinggi Serat

Terdapat berbagai manfaat dari makanan yang tinggi serat bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat dari makanan yang tinggi serat ini diantaranya adalah menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat, dapat membantu menurunkan berat badan, dapat menjaga tubuh tetap ideal. Selain itu makanan ini juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti diabetes dan kanker usus.

Idealnya, tubuh manusia membutuhkan serat yang cukup perharinya. Yaitu sebanyak 25-40 gram perhari. Nah jenis makanan tinggi serat ini dikuasai oleh jenis buah-buahan dan sayur-sayuran.

Ciri-ciri umum pada buah yang mengandung serat tinggi adalah buah itu mengandung air. Nah untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Makanan yang tinggi serat yang pertama adalah semangka. Semangka mengandung 0,3 gram per 100 gram buahnya. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor, magnesium dan juga kalium. Semangka dapat berfungsi untuk menguatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker usus, memperlambat penuaan dan juga menurunkan kadar kolesterol. 

Jenis Makanan Tinggi Serat Alpukat atau Avocado 

Alpukat atau avocado adalah makanan tinggi serat yang kedua. Alpukat ini mengandung 2,2 gram per 100 gram buah. Dengan serat yang cukup tinggi ini, alpukat dapat digunakan untuk memperlancar saluran pencernaan. Selain itu alpukat hijau juga berguna untuk menanggulangi anemia dan juga membanti regenerasi sel darah merah.

Jenis Makanan Tinggi Serat Buah Pisang

Buah pisang juga termasuk makanan yang tinggi serat. Buah pisang mengandung 0,6 gram per 100 gram buah. pisang juga mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor, dan zat besi. Pisang juga bermanfaat untuk mengurangi kadar asam dalam lambung, mengobati gangguan pada lambung dan menurunkan kadar kolesterol.

Jenis Makanan Tinggi Serat Jambu Merah

Makanan tinggi serat yang ketiga adalah jambu merah. Jambu merah mengandung 7,3 gram per 100 gram buah. Karena rendah kalori dan glukosa, jambu biji merah cocok digunakan untuk terapi penyembuhan diabetes millitus. Buah naga adalah makanan tinggi serat yang keempat. Buah naga mengandung 0,7 gram per 100 gram buah. Selain itu buah naga juga mengandung kalium, pektin, magnesium, fosfor, dan zat besi. Nanas juga termasuk ke dalam makanan yang tinggi serat. 

Nanas memiliki kadar serat 1 gram per 100 buah. Pepaya adalah makanan tinggi serat selanjutnya. Mengandung kadar 1,3 gram per 100 gram buah. Makanan tinggi serat selanjutnya adalah Melon. Melon mengandung 0,7 gram per 100 gram bahan.

Makanan Yang Banyak Mengandung Serat


Selain buah-buahan di atas ada juga beberapa sayuran yang mengandung serat yang tinggi. Bunga kol, bayam, kentang, serta labu merupakan aneka jenis sayuran-sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang baik dikonsumsi untuk kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh perharinya. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat ini, sistem pencernaan akan lancar dan tidak ada namanya sembelit lagi.

0 komentar:

Posting Komentar