Jumat, 03 Februari 2017

Hewan Peliharaan, Berbahaya Atau Amankah?

Leave a Comment
Hewan Peliharaan, Berbahaya Atau Amankah? - Kucing, kelinci, hamster dan semua hewan-hewan berbulu ini sangat menggemaskan dan siapapun pasti sangat suka untuk memeliharanya. Anak-anak juga pasti sangat tertarik untuk mengenal lebih dekat hewan-hewan lucu dan menggemaskan itu. Tidak hanya melihat, si kecilpun juga sangat tertarik untuk menyentuh, memeluk, menggendong, bahkan tak jarang yang mengajak hewan peliharaannya untuk tidur seranjang dengan tuannya.

Hewan Peliharaan, Berbahaya Atau Amankah?
Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan, Berbahaya Atau Amankah?

Mempunyai hewan di rumah bisa menjadi hobby bagi sebagian orang, dan akhirnya anak-anak mereka juga menjadi gemr untuk memelihara hewan-hewan kesukaan. Tapi tahukah apa manfaat dan bahaya akan hewan-hewan itu?

Manfaat memelihara hewan di rumah bagi anak, dapat mengajari anak untuk belajar berempati kepada mahluk hidup, belajar menyayangi, belajar bertanggung jawab seperti memberi hewan makan, merawat jika hewan itu sakit. Selain itu, seperti yang telah diungkap detik.com bahwa bermain dengan hewan peliharaan akan menigkatkan kadar oksitosin atau kadar penagkal stress, sehingga dapat menurunkan resiko depresi saat bermain dengan hewan peliharaan.

Hewan Peliharaan, Apa Benar Aman?

Namun sebuah Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, Centers for Disease Control (CDC) baru-baru ini merilis hasil penelitian yang mengejutkan tentang binatang peliharaan. 

" Kontak fisik dengan kucing dan anjing ternyata sangat berisiko menularkan penyakit zoonosis (ditularkan oleh hewan). Selain itu dikhawatirkan berbagai penyakit dapat ditularkan oleh hewan peliharaan melalui air liur, maupun dari kutu yang hinggap di bulu-bulu hewan. Beberapa penyakit yang kemungkinan dapat ditularkan seperti maningitis (radang selaput otak) dan pes. "

Kebiasaan anak yang terkadang senang mencium, bahkan tidur dengan hewn peliharaan hendaknya mulai dihentikan. Bukan berarti tidak boleh menyentuh hewan peliharaan tetapi hendaknya kontak berlebihan harap dihindari. 

Seperti yang diungkapkan Profesor Chomel yang dikutip dari CNN, Senin (24/1/2011).
" Penularan penyakit dari binatang peliharaan ke majikan sangat jarang, tetapi sangat mungkin terjadi. Penelitian ini tidak untuk menakut-nakuti, tetapi menyadarkan bahwa tidur dengan hewan peliharaan selalu ada risikonya. "

Hewan Peliharaan, Apa Boleh Di Masukan Rumah?

Memelihara hewan di rumah memang sangat menyenangkan, apalagi buat anak-anak. Penampilan hewan peliharaan yang menggemaskan, lucu dan menyenangkan saat memeluknya, semua anak pasti ingin merasakan memiliki hewan peliharaan di rumah. Boleh saja mengijinkan anak mempunyai seekor hewan peliharaan, tetapi harus tetap dengan pengawasan. Perawatan bagi hewan peliharaan haruslah jadi prioritas demi kesehatan hewan dan si empunya.

0 komentar:

Posting Komentar