Senin, 30 Januari 2017

Penyakit Kanker Payudara, Ini Gejalanya

Leave a Comment
Penyakit Kanker Payudara, Ini Gejalanya - Penyakit kanker payudara merupakan salah satu jenis tumor ganas yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, dan sekaligus merupakan momok yang sangat menakutkan di kalangan perempuan selain kanker rahim. 

Penyakit Kanker Payudara, Ini Gejalanya
Penyakit Kanker Payudara

Penyakit Kanker Payudara

Korban dari penyakit kanker payudara sudah sangat banyak, terbukti dari jumlah penderita yang terus bertambah tiap tahunnya, namun sampai saat ini masih sedikit orang yang mengenali gejala dini kanker payudara. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai gejala penyakit kanker payudara yang mungkin saja akan terjadi.

Kurangnya pengetahuan masyarakat  mengenai penyakit kanker payudara membuat pencegahan dan penanganan dini pun sulit dilakukan. Karena pada umumnya gejala-gejala kanker tersebut terlihat dari beberapa kasus kecil yang seringkali dirasa tidak penting dan tidak berbahaya. Namun pada kenyataannya, pengenalan terhadap gejala-gejala awal kanker payudara dapat memaksimalkan penanganan sebelum kanker bertumbuh dan menjadi fatal.

Ada beberapa tanda-tanda umum yang kadang luput dari pengawasan kita karena hal tersebut biasanya tidak akan mengganggu kondisi tubuh dalam beraktivitas, dan karena itu pula-lah beberapa orang yang mengalaminya biasa mengabaikannya dengan mudah dan menganggapnya sebagai hal yang biasa-biasa saja. Padahal dari sana, kewaspadaan dan pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan. Berikut adalah gejala penyakit kanker payudara yang sering di jumpai oleh penderita kanker payudara :

Penyakit Kanker Payudara Di Tandai Munculnya Benjolan Keras

Gejala penyakit kanker payudara yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan yang tidak normal. Benjolan tersebut umumnya bisa diraba sendiri, meski kadang-kadang hanya bisa diketahui keberadaannya lewat pemeriksaan mammograph. Benjolan yang keras dengan bentuk tidak teratur lebih perlu diwaspadai dibandingkan benjolan yang lunak dan bulat. Benjolan lunak biasanya dipicu oleh adanya kista, meski kista juga bisa mengeras jika mengalami pengapuran.

Meski tidak ada benjolan, payudara yang membengkak atau terasa berat perlu diwaspadai. Kehamilan dan retensi (penumpukan) cairan akibat terlalu banyak konsumsi garam sebenarnya juga bisa menyebabkan payudara membengkak. Namun pembengkakan akibat kanker biasanya tidak simetris antara payudara kiri dan kanan.

Kista di payudara juga bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian puting. Untuk membedakannya dengan kanker payudara, periksakan segera dan mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan ultrasonik yang bisa membedakan kista dengan sel kanker.

Penyakit Kanker Payudara Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kanker payudara selalu ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di daerah ketiak. Periksakan segera untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, meski kadang-kadang infeksi juga bisa menyebabkan bagian ini membengkak.

Selain susu, cairan apapun yang keluar dari puting perlu diwaspadai terutama jika berwarna merah atau coklat. Biasanya dokter akan melakukan ductogram yakni sejenis mammograph untuk memeriksa kelainan kelenjar susu, lalu mengamati cairan yang keluar dengan bawah mikroskop untuk mengetahui adanya sel kanker di dalamnya.

Meski jarang, pertumbuhan sel kanker payudara di sekitar areola juga bisa menyebabkan puting tenggelam. Jika gejala ini muncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa pekan, ada kemungkinan terjadi traksi atau pengencangan kelenjar susu yang terjadi karena terdesak oleh sel tumor.

Itulah beberapa gejala penyakit kanker payudara yang perlu anda waspadai. Apabila anda merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya anda segera periksakan diri anda ke dokter dan segera lakukan pengobatan.

0 komentar:

Posting Komentar