Selasa, 18 April 2017

Kesehatan Usus, Ini Tips Herbal Menjaganya

Leave a Comment
Kesehatan Usus, Ini Tips Herbal Menjaganya - Bagi Anda sering bermasalah dengan pencernaan ataukah bermasalah dengan kesehatan usus sebaiknya simak informasi berikut ini yang menjelaskan dan mengulas informasi kesehatan yang mengulas mengenai tips herbal untuk menjaga kesehatan usus.

Kesehatan Usus, Ini Tips Herbal Menjaganya
Kesehatan Usus

Kesehatan Usus

Organ usus, Sebagaimana kita ketahui bahwa didalam tubuh terdapat organ usus yang sangat penting dalam proses pecernaan ketika usus tidak terawat dengan baik maka otomatis usus tidak akan bekerja dengan maksimal, dan perlu diketahui bahwa usus memiliki lapisan sangat rentan, untuk itu dalam menjaga agar usus tetap dalam keadaan sehat alangkah baiknya kira perlu mengetahui beberapa tips herbal yang membantu menjaga kesehatan usus seperti terangkum dalam artikel berikut.

Kesehatan Usus, Ini Cara Menjaganya

Berikut Beberapa Tips Herbal dalam Menjaga Kesehatan Usus :

Kesehatan Usus: Cara Pertama 

  • Makanlah dengan perlahan. Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Jangan telan makanan dengan terburu-buru.
  • Kurangi konsumsi daging. Tidak terlalu banyak memakan daging juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. 
  • Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Tambahkan serat yang cukup pada makanan Anda, termasuk gandum, kacang, dan sayuran (buncis, paprika, wortel), dan buah-buahan dengan kulitnya sebisa mungkin. Konsumsilah serat dengan jumlah minimal 25-30 gram per hari agar menjauhkan Anda dari sembelit, penambahan berat badan, diabetes, dan masalah jantung. 
  • Cukupi kebutuhan cairan. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dalam bentuk air, jus, dan sup. Cairan terbukti efektif dalam mengatasi masalah sembelit, di samping berguna meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. 

Kesehatan Usus: Cara Kedua

  • Konsumsi makanan probiotik. Makanan probiotik sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan, makanan probiotik, seperti dadih (susu yang digunakan untuk membuat keju), idli, dan yoghurt, mungkin dapat membantu ketika Anda sedang terkena diare, sindrom iritasi usus (IBS), dan penyakit radang usus (IBD). Namun, para peneliti masih bekerja untuk menentukan dampak organisme probiotik tertentu pada kondisi kesehatan tertentu. 
  • Berjalan sebentar setelah makan. Hindari berbaring segera setelah makan dan jika mungkin berjalanlah sebentar selama 10 menit. Hal ini akan membantu makanan dicerna lebih baik, selain menghindari beberapa masalah pencernaan, seperti kembung, makanan sulit dicerna, perut begah, dan mulas. 
  • Hindari merokok dan minuman keras/alkohol. Menghindari merokok dan minum minuman keras selama terkena permasalahan pencernaan dapat mempercepat penyembuhan. 
  • Hindari stres. Stres dapat memperburuk masalah-masalah pencernaan, seperti mag, wasir, dan sindrom iritasi usus. Kegiatan fisik, seperti meditasi dan yoga, dapat membantu menenangkan saraf sehingga dapat membantu meringankan masalah pencernaan tersebut. 
  • Bersihkan sayuran secara menyeluruh sebelum dimasak atau dimakan. Membersihkan sayuran dan buah-buahan secara menyeluruh sebelum dimakan serta menjaga kebersihan dapur dapat menjaga Anda tetap jauh dari bakteri, yang mempuyai efek langsung pada perut. 
  • Kurangi asupan garam, gula, dan tepung terigu. Hindari tiga bahan makanan “putih” ini, garam, gula, dan tepung terigu, sebanyak mungkin. Sebab, bahan-bahan ini adalah penyebab dasar dari banyakn masalah pencernaan.

Demikianlah sajian informasi yang dapat kami sajikan dalam bentuk rangkuman dari beberapa sumber yang telah kami kutip, selaku penyaji informasi ini kami senantiasa berharap semoga informasi mengenai Kesehatan Usus, Ini Tips Herbal Menjaganya ini dapat berguna serta bermanfaat untuk Anda sekalian terutama dalam menambah pengetahuan seputar kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar